Pembahasan Matematika Ipa Sbmptn 2018 Arahan 407

com kembali aku melalui blog ini mengembangkan  Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407
Hai, pengunjung www.catatanmatematika.com kembali aku melalui blog ini mengembangkan Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407. Perlu kita ketahui, bahwa soal-soal SBMPTN 2018/2019 terdiri dari beberapa isyarat soal, dan beberapa soal pada setiap isyarat soal ada yang sama. Jadi, jikalau ada soal tidak aku bahas disini itu berarti telah di bahas pada postingan yang lain (keterangan lebih lanjut lihat di tamat postingan ini).

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 1
Jika nilai maksimum dan minimum fungsi $f(x)=a\cos x+b$ berturut-turut yakni 6 dan 2, maka nilai minimum fungsi $g(x)=2a\sin x+3b$ yakni …
A. -4    B. -2    C. 2     D. 4    E. 8
Pembahasan:
$f(x)=a\cos x+b$, Nilai maksimum = a + b, nilai minimum –a + b
$a+b=6$
$-a+b=2$
------------- (+)
$2b=8\Rightarrow b=4,a=2$
$g(x)=2a\sin x+3b$
$g(x)=4\sin x+12$
Nilai minimum = -4 + 12 = 8
Kunci: E

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 2
Diketahui gradien garis yang melalui titik O(0,0) dan P(a,b) yakni -3. Jika P dicerminkan terhadap sumbu y kemudian digeser 5 satuan ke atas dan 2 satuan ke kanan, maka gradien garis yang melalui P’ dan O(0,0) yakni 2. Titik P yakni …
A. (-2,6)    B. (-1,3)    C. (1,-3)    D. (2,-6)    E. (3,-9)
Pembahasan:
Gradien garis melalui O(0,0) dan P(a,b) yakni -3, maka:
$\frac{b}{a}=-3\Leftrightarrow b=-3a$
$P(a,b)\overset{C(sumbu-y)}{\mathop{\Rightarrow }}\,(-a,b)\overset{\left( \begin{smallmatrix}
 2 \\
 5
\end{smallmatrix} \right)}{\mathop{\Rightarrow }}\,P'(-a+2,b+5)$
Gradien garis melalui O(0,0) dan P’(-a + 2, b + 5) yakni 2, maka:
$\frac{b+5}{-a+2}=2$
$-2a+4=b+5$
$-2a=b+1$, sebelumnya: $b=-3a$, maka:
$-2a=-3a+1$
$a=1$, maka $b=-3a\Rightarrow b=-3$ diperoleh titik $P(a,b)=P(1,-3)$
Kunci: C

SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 402 No. 3
Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk $2\sqrt{2}$ cm. Jika titik $P$ ditengah-tengah AB dan titik Q ditengah-tengah BC, maka jarak antara titik H dengan garis PQ yakni ... cm.
A. $\sqrt{15}$    B. 4    C. $\sqrt{17}$    D. $3\sqrt{2}$    E. $\sqrt{19}$
Pembahasan:
com kembali aku melalui blog ini mengembangkan  Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407
$AB=2\sqrt{2}\Rightarrow PB=\sqrt{2}$
$BC=2\sqrt{2}\Rightarrow BQ=\sqrt{2}$
$PQ=\sqrt{P{{B}^{2}}+B{{Q}^{2}}}\Leftrightarrow PQ=2$
Perhatikan segitiga HAP siku-siku di titik A, $AP=\sqrt{2}$, $AH=4$, maka:
$HP=\sqrt{A{{H}^{2}}+A{{P}^{2}}}$
$HP=\sqrt{{{4}^{2}}+{{(\sqrt{2})}^{2}}}$
$HP=3\sqrt{2}$, $HP=HQ$
Maka garis tinggi HR membagi dua PQ, sehingga $PR=\frac{1}{2}PQ=1$ 
jarak antara titik H dengan garis PQ yakni panjang HR.
Perhatikan segitiga PRH siku-siku di titik R, maka:
$HR=\sqrt{H{{P}^{2}}+P{{R}^{2}}}$
$HR=\sqrt{{{(3\sqrt{2})}^{2}}-{{1}^{2}}}$
$HR=\sqrt{17}$
Kunci: C

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 4
$\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin (2x-4)}{2-\sqrt{6-x}}$ = …
A. -8     B. -2     C. 0     D. 2     E. 8
Pembahasan:
$\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin (2x-4)}{2-\sqrt{6-x}}$
$=\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin (2x-4)}{2-\sqrt{6-x}}\times \frac{2+\sqrt{6-x}}{2+\sqrt{6-x}}$
$=\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{(2+\sqrt{6-x})\sin (2x-4)}{4-(6-x)}$
$=\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{(2+\sqrt{6-x})\sin 2(x-2)}{(x-2)}$
$=\underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,(2+\sqrt{6-x})\times \underset{x\to 2}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin 2(x-2)}{(x-2)}$
$=(2+\sqrt{6-2})\times \frac{2}{1}$
$=8$
Kunci: E

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 5
Jika $a+2$, $a-2$, 2 membentuk barisan geometri, maka jumlah 11 suku pertama yang mungkin yakni …
A. 0     B. 1     C. 2     D. 3     E. 4
Pembahasan:
$a+2$, $a-2$, 2
Barisan Geometri:
$U_{2}^{2}={{U}_{1}}\times {{U}_{2}}$ 
${{(a-2)}^{2}}=(a+2).2$
${{a}^{2}}-4a+4=2a+4$
${{a}^{2}}-6a=0$
$a(a-6)=0$
$a=0$ atau $a=6$
Dengan melihat opsi, kita coba pilih $a=0$, maka barisan $a+2$, $a-2$, 2 menjadi:
2, $-2$, 2, $-2$, 2, $-2$, 2, $-2$, 2, $-2$, 2 (itu 11 suku pertama) yang jikalau dijumlahkan akhirnya 2.
Kunci: C

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 6
Daerah R dibatasi oleh $y={{x}^{4}}$, $y=1$, $x=2$, dan sumbu X positif. Volume benda putar yang didapat dengan memutar R terhadap sumbu X yakni …
A. $\frac{6}{9}\pi $     B. $\frac{8}{9}\pi $     C. $\frac{10}{9}\pi $     D. $\frac{12}{9}\pi $     E. $\frac{14}{9}\pi $
Pembahasan:
Kunci: C

SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 402 No. 7
Ari dan Ira merupakan anggota dari suatu kelompok yang terdiri dari 9 orang. Banyaknya cara menciptakan barisan, dengan syarat Ari dan Ira tidak berdampingan, yakni ...
A. $7 \times 8!$    B. $6 \times 8!$    C. $5 \times 8!$    D. $7 \times 7!$    E. $6 \times 7!$
Pembahasan:
Banyak barisan 9 orang secara bebas = 9!
Banyak barisan dengan Ari dan Ira berdampingan = 2!8!
Banyak barisan dengan Ari dan Ira tidak berdampingan adalah:
= 9! – 2!8!
= 9.8! – 2.8!
= 7 x 8!
Kunci: A

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 8
Jika bulat ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+2Ax+By=0$ dan ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+2By=0$ berturut-turut berjari-jari 5 dan 10, maka jari-jari bulat ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+By=0$ yakni …
A. $\sqrt{5}$    B. $\sqrt{10}$    C. 5    D. 10    E. 15
Pembahasan:
Teori: Jika ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+By+C=0$ maka $r=\sqrt{\frac{{{A}^{2}}+{{B}^{2}}-4C}{4}}$
${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+2Ax+By=0$, r = 5, dengan rumus jari-jari bulat maka diperoleh:
$5=\sqrt{\frac{{{(2A)}^{2}}+{{B}^{2}}-4.0}{4}}$
$25=\frac{4{{A}^{2}}+{{B}^{2}}}{4}$
$4{{A}^{2}}+{{B}^{2}}=100$ … persamaan (1)
${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+2By=0$, r = 10
$10=\sqrt{\frac{{{A}^{2}}+{{(2B)}^{2}}-4.0}{4}}$
$100=\frac{{{A}^{2}}+4{{B}^{2}}}{4}$
${{A}^{2}}+4{{B}^{2}}=400$… persamaan (2)
Jumlahkan persamaan (1) dan (2), diperoleh:
$5{{A}^{2}}+5{{B}^{2}}=500\Leftrightarrow {{A}^{2}}+{{B}^{2}}=100$
Pertanyaan: jari-jari bulat ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+By=0$?
$r=\sqrt{\frac{{{A}^{2}}+{{B}^{2}}-4.0}{4}}$
$r=\sqrt{\frac{100}{4}}=5$
Kunci: C
Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 9
Sisa pembagian $p(x)={{x}^{3}}+a{{x}^{2}}+4x+2b+1$ oleh ${{x}^{2}}+4$ yakni $b-3a$. Jika $p(x)$ habis dibagi oleh $x+1$, maka ${{a}^{2}}+b$ = …
A. 1    B. 3    C. 5    D. 7    E. 9
Pembahasan:
$p(x)={{x}^{3}}+a{{x}^{2}}+4x+2b+1$ habis dibagi oleh $x+1$
$p(-1)={{(-1)}^{3}}+a{{(-1)}^{2}}+4(-1)+2b+1=0$
$-1+a-4+2b+1=0$
$a+2b=4$
$a+2(-1+a)=4$
$a-2+2a=4$
$3a=6\Leftrightarrow a=2$
$b=-1+a\Leftrightarrow b=-1+2=1$
${{a}^{2}}+b={{2}^{2}}+1=5$
Kunci: C

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 10
Jika garis singgung kurva $y=-2{{x}^{3}}$ di titik $P(a,b)$ memotong sumbu $y$ di titik $Q(0,4)$, maka $a+b$ yakni …
A. -1    B. $-\frac{1}{2}$    C. $-\frac{1}{4}$    D. $\frac{1}{4}$    E. 1
Pembahasan:
$P(a,b)$ melalui kurva $y=-2{{x}^{3}}$, maka:
$b=-2{{a}^{3}}$
Garis singgung melalui titik $P(a,b)$ dan (0,4), maka:
$m=\frac{b-4}{a}$
$\frac{dy}{dx}=-6{{x}^{2}}$ titik singgung di $P(a,b)$
$m={{\left. \frac{dy}{dx} \right|}_{x=a}}$
$\frac{b-4}{a}=-6{{a}^{2}}$
$\frac{-2{{a}^{3}}-4}{a}=-6{{a}^{2}}$
$-2{{a}^{3}}-4=-6{{a}^{3}}$
$4{{a}^{3}}=4$
$a=1$
$b=-2{{a}^{3}}\Leftrightarrow b=-{{2.1}^{3}}=-2$
Persamaan garis singgung melalui titik $P(a,b)$ dengan $m=-6{{a}^{2}}$
$y-{{y}_{1}}=m(x-{{x}_{1}})$
$y-b=-6{{a}^{2}}(x-a)$
$a+b=1+(-2)=-1$
Kunci: A

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 11
Jika $\int\limits_{0}^{4}{f(x)dx}=\sqrt{2}$, maka nilai $\int\limits_{0}^{2}{xf({{x}^{2}})dx}$ yakni …
A. $\frac{\sqrt{2}}{4}$    B. $\frac{\sqrt{2}}{2}$    C. $\sqrt{2}$    D. $2\sqrt{2}$    E. $4\sqrt{2}$
Pembahasan:
$\int\limits_{0}^{4}{f(x)dx}=\sqrt{2}$
$\left. F(x) \right|_{0}^{4}=\sqrt{2}$
$F(4)-F(0)=\sqrt{2}$
$\int\limits_{0}^{2}{xf({{x}^{2}})dx}$
Misal: 
$u={{x}^{2}}\Leftrightarrow \frac{du}{dx}=2x\Leftrightarrow xdx=\frac{1}{2}du$
Maka:
$\int\limits_{0}^{2}{xf({{x}^{2}})dx}=\int\limits_{x=0}^{x=2}{\frac{1}{2}f(u)du}$
$=\left. \frac{1}{2}F(u) \right|_{x=0}^{x=2}$
$=\left. \frac{1}{2}F({{x}^{2}}) \right|_{x=0}^{x=2}$
$=\frac{1}{2}F({{2}^{2}})-\frac{1}{2}F({{0}^{2}})$
$=\frac{1}{2}\left[ F(4)-F(0) \right]$
$=\frac{1}{2}\sqrt{2}$
Kunci: B

SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 402 No. 12
Diketahui $(a_n)$ dan $(b_n)$ yakni dua barisan aritmetika dengan $a_1=5$, $a_2=8$, $b_1=3$, dan $b_2=7$. Jika A = {$a_1$, $a_2$, ..., $a_{100}$} dan B = {$b_1$, $b_2$, ..., $b_{100}$}, maka banyaknya anggota $A\cap B$ yakni ...
A. 20    B. 21    C. 22    D. 23    E. 24
Pembahasan:
$a_1=5$, $a_2=8$, b = 8 – 5 = 3, maka:
$b_1=3$, $b_2=7$, b = 7 – 3 = 4, maka:
A = {5, 8, 11, 14, 17, 20, 23, 26,  29, 32, 35, 38, 41, 44, 47
B = {3, 7, 11, 15, 19, 23, 27, 31, 35, 39, 43, 47
Jika diperhatikan polanya maka:
$A\cap B$ = {${{a}_{3}}$, ${{a}_{7}}$, ${{a}_{11}}$, …, ${{a}_{n}}$}
Membentuk barisan aritmetika:
3, 7, 11, …, ${{U}_{n}}$ 
${{U}_{n}}=4n-1\le 100\Leftrightarrow n=25$
Jadi banyak anggota $A\cap B$ yakni 25. 
Kunci: Tidak ada opsi

SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 407 No. 13
Himpunan semua bilangan real $x$ pada selang $\left( \frac{\pi }{2},\frac{3\pi }{2} \right)$ yang memenuhi $\sec x(1+\tan x) < 0$ berbentuk (a, b). Nilai a + b yakni …
A. $\frac{5\pi }{4}$    B. $\frac{7\pi }{4}$    C. $2\pi $    D. $\frac{9\pi }{4}$    E. $\frac{11\pi }{4}$
Pembahasan:
$\sec x(1+\tan x) < 0$
$\frac{1}{\cos x}(1+\frac{\sin x}{\cos x}) < 0$
$\frac{1}{\cos x}.\frac{\cos x+\sin x}{\cos x} < 0$
$\frac{\cos x+\sin x}{{{\cos }^{2}}x} < 0$; alasannya ${{\cos }^{2}}x > 0$ maka:
$\cos x+\sin x < 0$
Dengan santunan bagan gambar! Kita peroleh himpunan penyelesaiannya adalah:
$\left( \frac{3\pi }{4},2\pi  \right)=(a,b)$
$a+b=\frac{3\pi }{4}+2\pi =\frac{11\pi }{4}$
Kunci: E

Matematika IPA SBMPTN 2018 Kode 407 No. 14
Himpunan semua nilai $c$ semoga grafik $y={{2}^{2{{x}^{2}}+3x-c}}$ dan $y={{4}^{\frac{1}{2}{{x}^{2}}+\frac{1}{2}x+1}}$ berpotongan yakni …
A. {c: $c < -3$ atau $c > 3$}
B. {c: $c < 0$ atau $c > 4$}
C. {c: $c < -3$}
D. {c: $-4 < c < 4$}
E. {c: $-\infty < c < \infty$}
Pembahasan:
$y={{2}^{2{{x}^{2}}+3x-c}}$ dan $y={{4}^{\frac{1}{2}{{x}^{2}}+\frac{1}{2}x+1}}$
${{2}^{2{{x}^{2}}+3x-c}}={{4}^{\frac{1}{2}{{x}^{2}}+\frac{1}{2}x+1}}$
${{2}^{2{{x}^{2}}+3x-c}}={{({{2}^{2}})}^{\frac{1}{2}{{x}^{2}}+\frac{1}{2}x+1}}$
${{2}^{2{{x}^{2}}+3x-c}}={{2}^{{{x}^{2}}+x+2}}$
$2{{x}^{2}}+3x-c={{x}^{2}}+x+2$
${{x}^{2}}+2x-c-2=0$, $A=1$, $B=2$, $C=-c-2$ berpotongan maka:
$D>0$
${{b}^{2}}-4ac>0$
${{2}^{2}}-4.1.(-c-2)>0$
$4+4c+8>0$
$4c>-12$
$c>-3$
Kunci: Tidak ada opsi


SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 402 No. 15
Diketahui dua bulat $x^2+y^2=2$ dan $x^2+y^2=4$. Garis $l_1$ menyinggung bulat pertama di titik $(1,-1)$. Garis $l_2$ menyinggung bulat kedua dan tegak lurus dengan garis $l_1$. Titik potong garis $l_1$ dan $l_2$ yakni ...
A. ($1+\sqrt 2$, $\sqrt 2-1$)
B. ($1-\sqrt 2$, $\sqrt 2-1$)
C. ($1+\sqrt 2$, $\sqrt 2+1$)
D. ($1-\sqrt 2$, $\sqrt 2-2$)
E. ($1+\sqrt 2$, $\sqrt 2+2$)
Pembahasan:
${{l}_{1}}$ yakni persamaan garis singgung bulat $x^2+y^2=2$ di titik $(1,-1)$ maka:
${{l}_{1}}\equiv {{x}_{1}}.x+{{y}_{1}}.y={{r}^{2}}$
${{l}_{1}}\equiv x-y=2$
${{l}_{1}}\equiv y=x-2\Rightarrow {{m}_{1}}=1$
${{l}_{1}}\bot {{l}_{2}}\Rightarrow {{m}_{1}}.{{m}_{2}}=-1\Leftrightarrow {{m}_{2}}=-1$
${{l}_{2}}$ yakni persamaan garis singgung bulat $x^2+y^2=4$ dengan gradien $-1$
$y=mx\pm r\sqrt{{{m}^{2}}+1}$ 
$y=-x\pm 2\sqrt{2}$
${{l}_{2}}\equiv y=-x+2\sqrt{2}$ atau ${{l}_{2}}\equiv y=-x-2\sqrt{2}$
Titik potong garis ${{l}_{1}}\equiv y=x-2$ dan garis ${{l}_{2}}\equiv y=-x+2\sqrt{2}$ adalah:
$y=y$
$x-2=-x+2\sqrt{2}$
$2x=2+2\sqrt{2}\Leftrightarrow x=1+\sqrt{2}$
$y=x-2$
$y=1+\sqrt{2}-2\Leftrightarrow y=\sqrt{2}-1$
Titik potongnya yakni $\left( 1+\sqrt{2},\sqrt{2}-1 \right)$
Kunci: A
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2019
Baca juga: Kumpulan Soal dan Pembahasan Matematika SBMPTN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Goresan Pena Berjalan Di Blog

Soal Masuk Sma Kecerdikan Mulia 2016-2017 Dan Pembahasan

Soal Matematika Olimpiade Hardiknas