Pembahasan Matematika Ipa Um-Ugm 2018

 Silahkan dipelajari bersama sebagai materi latihan untuk mempersiapkan diri adik Pembahasan Matematika IPA UM-UGM 2018
Berikut ini ialah Soal dan Pembahasan Matematika IPA UM-UGM 2018 Kode 575. Silahkan dipelajari bersama sebagai materi latihan untuk mempersiapkan diri adik-adik yang akan mengikuti seleksi Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM) tahun depan (2019). Ingat, persiapan dari awal tentu akan memberi hasil yang lebih baik.

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 1
Akar-akar persamaan ${{x}^{2}}+px+27=0$ ialah ${{x}_{1}}$ dan ${{x}_{2}}$ yang semuanya positif dan ${{x}_{2}} > {{x}_{1}}$. Jika ${{x}_{1}}$, ${{x}_{2}}$, dan $5{{x}_{1}}$ berturut-turut suku pertama, suku kedua, dan suku ketiga barisan aritmetika, maka suku kesepuluh ialah …
A. 55   B. 57   C. 59   D. 61   E. 63
Pembahasan:
Persamaan kuadrat: ${{x}^{2}}+px+27=0$ akar-akar ${{x}_{1}}$ dan ${{x}_{2}}$, maka:
${{x}_{1}}+{{x}_{2}}=-p\Leftrightarrow {{x}_{1}}=-p-{{x}_{2}}$
${{x}_{1}}.{{x}_{2}}=27$
Barisan Aritmetika: ${{x}_{1}}$, ${{x}_{2}}$, dan $5{{x}_{1}}$ maka:
$2{{x}_{2}}={{x}_{1}}+5{{x}_{1}}$
$2{{x}_{2}}=6{{x}_{1}}$
${{x}_{2}}=3{{x}_{1}}$
${{x}_{2}}=3(-p-{{x}_{2}})$
${{x}_{2}}=-3p-3{{x}_{2}}$
$4{{x}_{2}}=-3p\Leftrightarrow {{x}_{2}}=\frac{-3p}{4}$
${{x}_{1}}.{{x}_{2}}=27$
$(-p-{{x}_{2}}){{x}_{2}}=27$
$\left( -p+\frac{3p}{4} \right).\frac{-3p}{4}=27$
$\left( -\frac{p}{4} \right).\frac{-3p}{4}=27$
$\frac{3{{p}^{2}}}{16}=27$
$p=\pm 12$
lantaran ${{x}_{1}}$ dan ${{x}_{2}}$ positif diperoleh bahwa $p < 0$, $p=-12$
${{x}_{2}}=\frac{-3p}{4}\Leftrightarrow {{x}_{2}}=\frac{-3.(-12)}{4}=9$
${{x}_{1}}=-p-{{x}_{2}}\Leftrightarrow {{x}_{1}}=-(-12)-9=3$
Barisan aritmetika:
3, 9, 15, …, beda (b) = 6, a = 3
${{U}_{10}}=a+9b=3+9.6=57$
Kunci: B

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 2
Jika $x > y\ge 1$ dan $\log ({{x}^{2}}+{{y}^{2}}+2xy)=2\log ({{x}^{2}}-{{y}^{2}})$, maka ${}^{x}\log (1+y)$ = …
A. log 2   B. $-1$   C. $-\frac{1}{2}$   D. $\frac{1}{2}$   E. 1
Pembahasan:
$\log ({{x}^{2}}+{{y}^{2}}+2xy)=2\log ({{x}^{2}}-{{y}^{2}})$
$2.\log (x+y)=2.\log ({{x}^{2}}-{{y}^{2}})$
$\log (x+y)=\log [(x+y)(x-y)]$
$\log (x+y)=\log (x+y)+\log (x-y)$
$0=\log (x-y)$
$x-y=1\Leftrightarrow x=y+1$
${}^{x}\log (1+y)={}^{y+1}\log (1+y)=1$
Kunci: E

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 3
Jika bilangan bundar $p$ merupakan akar $f(x)=0$ dengan $f(x)=p{{x}^{2}}-3x-p-3$, maka gradien garis singgung kurva $y=f(x)$ di titik dengan absis $x=p$ ialah …
A. -5   B. -3   C. -1   D. 3   E. 5
Pembahasan:
$f(x)=p{{x}^{2}}-3x-p-3$
$x=p$ maka $f(x)=0$
$f(p)={{p}^{3}}-4p-3=0$
$(p+1)({{p}^{2}}-p-3)=0$
$(p+1)({{p}^{2}}-p-3)=0$
${{p}^{2}}-p-3=0$
$p=\frac{1\pm \sqrt{1-4.1.(-3)}}{2.1}=\frac{1\pm \sqrt{13}}{2}$
$p+1=0\Leftrightarrow p=-1$
Sementara kita hindari bentuk akar maka kita pilih $p=-1$
$f(x)=p{{x}^{2}}-3x-p-3$
$f(x)=-1.{{x}^{2}}-3x-(-1)-3$
$f(x)=-{{x}^{2}}-3x-2$
$f'(x)=-2x-3$
Gradien garis singgung di absis $x=p=-1$ adalah:
$f'(-1)=-2.(-1)-3=-1$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 4
Pertidaksamaan ${}^{2}\log ({{x}^{2}}-x)\le 1$ memiliki penyelesaian …
A. $x < 0$ atau $x > 1$
B. $-1 < x < 2$, $x\ne 1$, $x\ne 0$
C. $-1\le x < 0$ atau $1 < x \le 2$
D. $-1\le x\le 0$ atau $1\le x\le 2$
E. $-1 < x < 0$ atau $1\le x < 2$
Pembahasan:
Syarat:
${{x}^{2}}-x > 0$
$x(x-1) > 0$
$x < 0$ atau $x > 1$ ….. (1)
${}^{2}\log ({{x}^{2}}-x)\le 1$
${{x}^{2}}-x\le {{2}^{1}}$
${{x}^{2}}-x-2\le 0$
$(x+1)(x-2)\le 0$
$-1\le x\le 2$ …. (2)
HP ialah irisan dari (1) dan (2) yaitu:
$-1\le x < 0$ atau $1 < x \le 2$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 5
Jika fungsi $f$, dengan $f(x)=\sqrt[3]{{{x}^{3}}+{{m}^{3}}{{x}^{6}}}$ turun pada $(-\infty ,-1]$, maka $8{{m}^{3}}+8$ = …
A. 16   B. 12   C. 8   D. 4   E. 0
Pembahasan: (Soal tak jelas)
$f(x)=\sqrt[3]{{{x}^{3}}+{{m}^{3}}{{x}^{6}}}$, turun maka $f'(x) < 0$
$f(x)={{({{x}^{3}}+{{m}^{3}}{{x}^{6}})}^{\frac{1}{3}}}$
$f'(x)=\frac{1}{3}{{({{x}^{3}}+{{m}^{3}}{{x}^{6}})}^{\frac{1}{3}-1}}.(3{{x}^{2}}+6{{m}^{3}}{{x}^{5}})$
$f'(x)=\frac{1}{3}{{({{x}^{3}}+{{m}^{3}}{{x}^{6}})}^{-\frac{2}{3}}}.(3{{x}^{2}}+6{{m}^{3}}{{x}^{5}})$
Dari soal stasioner diperoleh untuk:
$f'(1)=0$
$\frac{1}{3}{{({{1}^{3}}+{{m}^{3}}{{.1}^{6}})}^{-\frac{2}{3}}}.({{3.1}^{2}}+6{{m}^{3}}{{.1}^{5}})=0$
${{(1+{{m}^{3}})}^{-\frac{2}{3}}}.(3+6{{m}^{3}})=0$
$3+6{{m}^{3}}=0$ kali dengan $\frac{4}{3}$
$4+8{{m}^{3}}=0$ tambah kedua ruas dengan 4
$4+8{{m}^{3}}+4=0+4$
$8{{m}^{3}}+8=4$
Kunci: D

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 6
Diketahui $m$ ialah sisa pembagian polinomial $h(x)={{x}^{3}}-{{x}^{2}}+2x+2$ oleh $x-1$. Nilai $k$ yang memenuhi $\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{m{{x}^{3}}-kx+5}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7}-k \right)=0$ ialah …
A. -1   B. 0   C. $\frac{1}{2}$   D. 1   E. 2
Pembahasan: (soal kabur)
$h(x)={{x}^{3}}-{{x}^{2}}+2x+2$ dibagi $x-1$ sisanya $m$
$m=h(1)={{1}^{3}}-{{1}^{2}}+2.1+2=4$
$m={{1}^{3}}-{{1}^{2}}+2.1+2\Leftrightarrow m=4$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{m{{x}^{3}}-kx+5}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7}-k \right)=0$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{4{{x}^{3}}-kx+5}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7}-k \right)=0$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{4{{x}^{3}}-kx+5}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7}-\frac{k(k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7)}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7} \right)=0$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{4{{x}^{3}}-kx+5}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7}-\frac{{{k}^{2}}{{x}^{3}}+3k{{x}^{2}}-7k}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7} \right)=0$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{(4-{{k}^{2}}){{x}^{3}}-3k{{x}^{2}}-kx+5+7k}{k{{x}^{3}}+3{{x}^{2}}-7} \right)=0$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\left( \frac{(4-{{k}^{2}}){{x}^{3}}}{k{{x}^{3}}} \right)=0$
$\frac{4-{{k}^{2}}}{k}=0;k\ne 0$
$4-{{k}^{2}}=0$
$(2+k)(2-k)=0$
$k=-2$ atau $k=2$
Kunci: E

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 7
Suatu deret geometri tak sampai memiliki jumlah $\frac{9}{4}$. Suku pertama dan rasio deret tersebut masing-masing $a$ dan $-\frac{1}{a}$, dengan $a > 0$. Jika ${{U}_{n}}$ menyatakan suku ke-n pada deret tersebut, maka $3{{U}_{6}}-{{U}_{5}}$ = …
A. 0   B. $\frac{2}{27}$   C. $-\frac{2}{27}$   D. $\frac{1}{27}$  E. $-\frac{1}{27}$
Pembahasan:
Deret Geometri Tak Hingga
${{S}_{\infty }}=\frac{9}{4}$, ${{U}_{1}}=a$, $r=-\frac{1}{a}$
$\frac{{{U}_{1}}}{1-r}=\frac{9}{4}$
$\frac{a}{1+\frac{1}{a}}=\frac{9}{4}$
$4a=9+\frac{9}{a}$
$4{{a}^{2}}=9a+9$
$4{{a}^{2}}-9a-9=0$
$(4a+3)(a-3)=0$
$a=-\frac{3}{4}$ atau $a=3$, $a > 0$
Maka: $a=3$ dan $r=-\frac{1}{3}$
$3{{U}_{6}}-{{U}_{5}}=3.a{{r}^{5}}-a{{r}^{4}}$
$=a{{r}^{4}}(3r-1)$
$=3.{{\left( -\frac{1}{3} \right)}^{4}}\left( 3.\left( -\frac{1}{3} \right)-1 \right)$
$=3.\left( \frac{1}{81} \right)\left( -2 \right)$
$=\frac{-2}{27}$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 8
Jumlah suatu deret geometri tak sampai ialah 10, dan jumlah suku-suku bernomor ganjil ialah 6. Suku ke-2 deret tersebut ialah …
A. $\frac{20}{3}$   B. $\frac{20}{6}$   C. $\frac{20}{9}$   D. $\frac{20}{11}$   E. $\frac{20}{13}$
Pembahasan:
Deret Geometri Tak Hingga
${{S}_{\infty }}=10$
${{S}_{ganjil}}+{{S}_{genap}}=10$
${{S}_{ganjil}}+6=10$
${{S}_{ganjil}}=4$
$r=\frac{{{S}_{ganjil}}}{{{S}_{genap}}}=\frac{4}{6}=\frac{2}{3}$
${{S}_{\infty }}=10$
$\frac{a}{1-r}=10$
$\frac{a}{1-\frac{2}{3}}=10$
$a=\frac{10}{3}$
${{U}_{2}}=ar=\frac{10}{3}.\frac{2}{3}=\frac{20}{9}$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 9
Suku banyak $P(x)=a{{x}^{5}}+{{x}^{4}}+b{{x}^{3}}+{{x}^{2}}+cx+d$ berturut-turut bersisa 3 dan -7 dikala dibagi $x+1$ dan $x-1$. Sisa pembagian P(x) oleh $x$ ialah …
A. -4   B. -2   C. 0   D. 2   E. 4
Pembahasan:
$P(x)=a{{x}^{5}}+{{x}^{4}}+b{{x}^{3}}+{{x}^{2}}+cx+d$ dibagi $x+1$ sisa 3
$P(-1)=-a+1-b+1-c+d=3$
$-a-b-c+d=1$ …. Persamaan (1)
$P(x)=a{{x}^{5}}+{{x}^{4}}+b{{x}^{3}}+{{x}^{2}}+cx+d$ dibagi $x-1$ sisa -7
$P(1)=a+1+b+1+c+d=-7$
$a+b+c+d=-9$… Persamaan (2)
$-a-b-c+d=1$ …. Persamaan (1)
------------------------- (+)
$2d=-8\Leftrightarrow d=-4$
$P(x)=a{{x}^{5}}+{{x}^{4}}+b{{x}^{3}}+{{x}^{2}}+cx+d$ dibagi $x$ maka sisanya adalah:
$P(0)=d=-4$
Kunci: A

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 10
Diberikan suku banyak $p(x)=a{{x}^{3}}+b{{x}^{2}}+a$ dengan $a\ne 0$. Jika ${{x}^{2}}+nx+1$ merupakan faktor $p(x)$, maka $n$ = …
A. -3   B. -2   C. -1   D. 1   E. 3
Pembahasan:
$a{{x}^{3}}+b{{x}^{2}}+a=({{x}^{2}}+nx+1)(ax+a)$
$a{{x}^{3}}+b{{x}^{2}}+a=a{{x}^{3}}+(a+an){{x}^{2}}+(an+a)x+a$
$0=an+a$
$0=a(n+1)$
$n+1=0\Leftrightarrow n=-1$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 11
Jika $(p,q)$ merupakan klimaks grafik fungsi $f(x)=a{{x}^{2}}+2ax+a+1$, dengan $f(a)=19$ maka $p+2q+3a$ = …
A. 7   B. 6   C. 0   D. -1   E. -2
Pembahasan:
$f(x)=a{{x}^{2}}+2ax+a+1$
$f(a)={{a}^{3}}+2{{a}^{2}}+a+1=19$
${{a}^{3}}+2{{a}^{2}}+a-18=0$
$(a-2)({{a}^{2}}+4a+9)=0$
${{a}^{2}}+4a+9=0$ nilai $a$ imaginer lantaran D < 0
$a-2=0\Leftrightarrow a=2$
$f(x)=a{{x}^{2}}+2ax+a+1$
$f(x)=2{{x}^{2}}+4x+3$
$(p,q)=\left( \frac{-b}{2a},\frac{{{b}^{2}}-4ac}{-4a} \right)$
$(p,q)=\left( \frac{-4}{2.2},\frac{{{4}^{2}}-4.2.3}{-4.2} \right)$
$(p,q)=\left( -1,1 \right)$
$p+2q+3a=-1+2.1+3.2=7$
Kunci: A

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 12
Diketahui ${{P}_{1}}$ ialah pencerminan titik $P(2,k)$ terhadap garis $y=x$. Jika luas segitiga $PO{{P}_{1}}$ ialah 6, maka |k| = …
A. $2\sqrt{2}$   B. $2\sqrt{3}$   C. $\sqrt{10}$   D. 4   E. 16
Pembahasan:
$P(2,k)$ dicerminkan terhadap garis $y=x$ menghasilkan ${{P}_{1}}(k,2)$. Luas segitiga $PO{{P}_{1}}$ dengan $O(0,0)$ adalah:
$\frac{1}{2}\left| \left| \begin{matrix}   2 & k  \\   0 & 0  \\ \end{matrix} \right|+\left| \begin{matrix}   0 & 0  \\   k & 2  \\ \end{matrix} \right|+\left| \begin{matrix}   k & 2  \\   2 & k  \\ \end{matrix} \right| \right|=6$
$\frac{1}{2}\left| 0+0+{{k}^{2}}-4 \right|=6$
${{k}^{2}}-4=6$
${{k}^{2}}=10\Leftrightarrow k=\sqrt{10}$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 13
Diketahui proyeksi vektor $v$ pada vektor $u$ sama dengan proyeksi vektor $w$ pada vektor $u$. Jika $2v.u=\sqrt{3}|v||u|$ dan $2w.u=|w||u|$, maka $\frac{v.w}{|v||w|}$ = …
A. $\frac{1}{2}$   B. $\frac{1}{2}\sqrt{2}$  C. $\frac{1}{2}\sqrt{3}$   D. 1   E. $\frac{1}{2}\sqrt{5}$
Pembahasan:
$2v.u=\sqrt{3}|v||u|$
$\frac{v.u}{|v||u|}=\frac{1}{2}\sqrt{3}$
$\cos (u,v)=\frac{1}{2}\sqrt{3}\Leftrightarrow \angle (u,v)={{30}^{o}}$
$2w.u=|w||u|$
$\frac{w.u}{|w||u|}=\frac{1}{2}$
$\cos (w,u)=\frac{1}{2}\Leftrightarrow \angle (w,u)={{60}^{o}}$
Perhatikan gambar berikut!
 Silahkan dipelajari bersama sebagai materi latihan untuk mempersiapkan diri adik Pembahasan Matematika IPA UM-UGM 2018
Dari gambar diperoleh bahwa $\angle (v,w)={{30}^{o}}$
$\cos \angle (v,w)=\frac{v.w}{|v|.|w|}$
$\cos {{30}^{o}}=\frac{v.w}{|v|.|w|}$
$\frac{1}{2}\sqrt{3}=\frac{v.w}{|v|.|w|}$
Kunci: C

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 14
Diketahui segitiga ABC dengan $|BC|=2\sqrt{3}$ dan $\angle BAC={{60}^{o}}$. Jika $|AC|+|AB|=6$, maka $||AC|-|AB||$ = …
A. $\frac{1}{2}$   B. 1   C. $\frac{3}{2}$   D. 2   E. $\frac{5}{2}$
Pembahasan:
$\angle BAC={{60}^{o}}$
Aturan cosinus:
$\cos \angle BAC=\frac{A{{B}^{2}}+A{{C}^{2}}-B{{C}^{2}}}{2.AB.AC}$
$\cos {{60}^{o}}=\frac{{{(AB+AC)}^{2}}-2.AB.AC-B{{C}^{2}}}{2.AB.AC}$
$\frac{1}{2}=\frac{{{(AB+AC)}^{2}}-2.AB.AC-B{{C}^{2}}}{2.AB.AC}$
$1=\frac{{{6}^{2}}-2.AB.AC-{{(2\sqrt{3})}^{2}}}{AB.AC}$
$AB.AC=36-2.AB.AC-12$
$3.AB.AC=24$
$AB.AC=8$
${{(AC-AB)}^{2}}=A{{C}^{2}}+A{{B}^{2}}-2.AC.AB$
${{(AC-AB)}^{2}}={{(AC+AB)}^{2}}-2.AC.AB-2.AC.AB$
${{(AC-AB)}^{2}}={{6}^{2}}-4.AC.AB$
${{(AC-AB)}^{2}}=36-4.8$
${{(AC-AB)}^{2}}=4$
$AC-AB=2$
Kunci: D

Matematika IPA UM-UGM 2018 No. 15
Diberikan lingkaran pada bidang koordinat yang memotong sumbu-X di (1,0) dan (3,0). Jika lingkaran tersebut menyinggung sumbu-Y, maka titik singgung yang mungkin ialah …
A. (0,1)
B. (0,2)
C. (0, $\sqrt{3}$)
D. (0, $\sqrt{5}$)
E. (0,3)
Pembahasan:
Titik sentra lingkaran ialah (a,b), maka lingkaran melalui titik (1,0), (3,0), (0,b).
Bentuk umum persamaan lingkaran: ${{x}^{2}}+{{y}^{2}}+Ax+By+C=0$, $B=-2b$ 
Lingkaran melalui titik (1,0) maka:
${{1}^{2}}+{{0}^{2}}+A.1+B.0+C=0$
$A+C=-1$
Lingkaran melalui titik (3,0) maka:
${{3}^{2}}+{{0}^{2}}+A.3+B.0+C=0$
$3A+C=-9$
$A+C=-1$
--------------- (-)
$2A=-8\Leftrightarrow A=-4,C=3$
Lingkaran melalui titik (0, b), dan $B=-2b$maka:
${{0}^{2}}+{{y}^{2}}+A.0+B.b+3=0$
${{b}^{2}}+(-2b).b+3=0$
$-{{b}^{2}}+3=0$
${{b}^{2}}=3\Leftrightarrow b=\pm \sqrt{3}$
Titik singgung lingkaran yang mungkin ialah $(0,-\sqrt{3})$ dan $(0,\sqrt{3})$
Kunci: C

Pembahasan lain menyusul disebabkan foto soal yang diterima oleh penulis terlihat kabur. Semoga besok sudah diterima foto soal yang lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Masuk Sma Kecerdikan Mulia 2016-2017 Dan Pembahasan

Should Children Be Allowed To Stay In At Break Time?

Soal Dan Pembahasan Matematika Ipa Un Sma 2018